Jumat, 02 Desember 2016

MASALAH POKOK EKONOMI MODERN dan BIAYA PELUANG

MASALAH POKOK EKONOMI MODERN
            Sebelum mengetahui masalah pokok ekonomi modern, manusia menghadapi masalah ekonomi klasik yaitu kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi. Seiring majunya peradaban, muncul masalah pokok ekonomi modern yang diperinci dngan pertanyaan berikut.
a.      What
Pertanyaan what berkaitan dengan jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi oleh suatu perusahaan. Penentuan jenis dan jumlah barang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Janis barang dan jumlah barang apa yanng akan diproduksi? Pertanyaan itulah yang harus dipecahkan oleh perusahaan atau produsen sebelum memproduksi barang tertentu.
b.      How
Pertanyaan how berkaitan dengan teknik produksi yang akan diterapkan produsen dalam proses produksi. Tujuannya untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas barang yang akan diproduksi secara efisien.
c.       For Whom
Masalah ekonomi for whom ini timbu setelah produsen menetukan jenis, jumlah barang, dan teknik produksi yang akan digunakan dalam proses produksi. Untuk menentukan segmen pasar, prodisen dapat melakukan perincian dengan pertanyaan for whom. Segmentasi pasar diartikan sebagai usaha mengelompokkan pasar dari yang bersifat heterogen menjadi bagian pasar yang bersifat homogen.

BIAYA PELUANG
            Menurut Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, biaya peluang  merupakan merupakan biaya atas suatu keputusan karena memilih alternatif tertentu dengan mengorbankan alternatif lain. Biaya peluang bisa juga diartikan nilai barang atau alternatif yang dilepaskan atau dikorbankan. Biaya peluang dihitung bedasarkan pengorbanan alternatif paling menguntungkan setelah memutuskan memilih alternatif tertentu. Dalam ilmu Ekonomi, biaya peluang tenanga kerja bukan berarti keseluruhan jumlah alternatif pilihan yang dikorbankan, melainkan pilihan paling menguntungkan.

Sumber: Detik-Detik Ujian Nasional Ekonomi Tahun Pelajaran 2015/2016
            Untuk SMA/MA Program IPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar