MASALAH POKOK EKONOMI MODERN
Sebelum mengetahui masalah pokok
ekonomi modern, manusia menghadapi masalah ekonomi klasik yaitu kegiatan
konsumsi, produksi, dan distribusi. Seiring majunya peradaban, muncul masalah
pokok ekonomi modern yang diperinci dngan pertanyaan berikut.
a.
What
Pertanyaan what
berkaitan dengan jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi oleh suatu perusahaan.
Penentuan jenis dan jumlah barang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Janis
barang dan jumlah barang apa yanng akan diproduksi? Pertanyaan itulah yang
harus dipecahkan oleh perusahaan atau produsen sebelum memproduksi barang
tertentu.
b.
How
Pertanyaan how
berkaitan dengan teknik produksi yang akan diterapkan produsen dalam proses
produksi. Tujuannya untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas barang yang akan
diproduksi secara efisien.
c.
For Whom
Masalah ekonomi for
whom ini timbu setelah produsen menetukan jenis, jumlah barang, dan teknik
produksi yang akan digunakan dalam proses produksi. Untuk menentukan segmen
pasar, prodisen dapat melakukan perincian dengan pertanyaan for whom. Segmentasi pasar diartikan
sebagai usaha mengelompokkan pasar dari yang bersifat heterogen menjadi bagian pasar
yang bersifat homogen.
BIAYA PELUANG
Menurut Paul A. Samuelson dan
William D. Nordhaus, biaya peluang merupakan merupakan biaya atas suatu keputusan
karena memilih alternatif tertentu dengan mengorbankan alternatif lain. Biaya peluang
bisa juga diartikan nilai barang atau alternatif yang dilepaskan atau
dikorbankan. Biaya peluang dihitung bedasarkan pengorbanan alternatif paling
menguntungkan setelah memutuskan memilih alternatif tertentu. Dalam ilmu
Ekonomi, biaya peluang tenanga kerja bukan berarti keseluruhan jumlah
alternatif pilihan yang dikorbankan, melainkan pilihan paling menguntungkan.
Sumber: Detik-Detik Ujian Nasional
Ekonomi Tahun Pelajaran 2015/2016
Untuk
SMA/MA Program IPS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar