Kamis, 08 Desember 2016

JENIS LAYANAN BIMBINGAN



    a.       Pelayanan Pengumpulan Data tentang Siswa dan Lingkungannya. Pelayanan ini merupakan usaha untuk mengetahui diri individu atau siswa seluas-luasnya, beserta latar belakang lingkungannya. Hal ini meliputi aspek-aspek fisik, akademis, kecerdasan, minat, cita-cita, sosial, ekonomi, kepribadian, dan latar belakang keluarganya. Untuk mengumpulkan data siswa dapat digunakan teknik tes dan nontes.
     b.      Konseling. Konseling merupakan pelayanan terpenting dalam program bimbingan. Layanan ini memfasillitasi siswa untuk memperoleh bantuan pribadi secara langsung, baik secara face to face maupun melalui media dalam memperoleh (a) pemahaman dan kemampuan untuk mengembangkan kematangan dirinya (aspek potensi kemampuan, emosi, sosial, dan moral-spiritual, dan (b) menanggulangi masalah dan kesulitan yang dihadapinya, baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar, maupun karir.
    c.       Penyajian Informasi dan Penempatan. Penyajian informasi dalam arti menyajikan keterangan (informasi) tentang berbagai aspek kehidupan yang diperlukan individu, seperti menyangkut aspek (a) karakteristik dan tugas-tugas perkembangan pribadinya, (b) sekolah-sekolah lanjutan, (c) dunia kerja, (d) kiat-kiat belajar yang efektif, (e) bahaya merokok, minuman keras, dan obat-obatan terlarang, dan (f) pentingnya menyesuaikan diri dengan norma agama atau nilai-nilai moral yang dijunjung tinggi masyarakat. Sementara layanan penempatan adalah layanan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka menyalurkan dirinya ke arah yang tepat sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakatnya. Penempatan ini meliputi penempatan pendidikan, ialah untuk memillih jurusan dan kelanjutan sekolah, penempatan jabatan, dan juga penempatan murid dalam ranga program pengajaran di sekolah yang bersangkutan.
    d.      Penilaian dan Penelitian. Layanan ini dilaksanakan untuk mengetahui tujuan program bimbingan apa saja yang telah dilaksanakn dapat dicapai. Selain itu dilakukan juga penilaian terhadap hasil pelayanan kepada individu-individu yang mendapat layanan, untuk kemudian dilakukan tindak lanjut terhadap hasil yang telah dicapai oleh individu yang bersangkutan.

Sumber: Yusuf, Syamsu & Nurihsan, A. Juntika.2014. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar