a. Pelayanan Pengumpulan Data tentang
Siswa dan Lingkungannya. Pelayanan ini merupakan usaha
untuk mengetahui diri individu atau siswa seluas-luasnya, beserta latar
belakang lingkungannya. Hal ini meliputi aspek-aspek fisik, akademis,
kecerdasan, minat, cita-cita, sosial, ekonomi, kepribadian, dan latar belakang
keluarganya. Untuk mengumpulkan data siswa dapat digunakan teknik tes dan
nontes.
b. Konseling. Konseling merupakan
pelayanan terpenting dalam program bimbingan. Layanan ini
memfasillitasi siswa untuk memperoleh bantuan pribadi secara langsung, baik
secara face to face maupun melalui
media dalam memperoleh (a) pemahaman dan kemampuan untuk mengembangkan
kematangan dirinya (aspek potensi kemampuan, emosi, sosial, dan
moral-spiritual, dan (b) menanggulangi masalah dan kesulitan yang dihadapinya,
baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar, maupun karir.
c.
Penyajian
Informasi dan Penempatan. Penyajian informasi dalam arti
menyajikan keterangan (informasi) tentang berbagai aspek kehidupan yang
diperlukan individu, seperti menyangkut aspek (a) karakteristik dan tugas-tugas
perkembangan pribadinya, (b) sekolah-sekolah lanjutan, (c) dunia kerja, (d)
kiat-kiat belajar yang efektif, (e) bahaya merokok, minuman keras, dan
obat-obatan terlarang, dan (f) pentingnya menyesuaikan diri dengan norma agama
atau nilai-nilai moral yang dijunjung tinggi masyarakat. Sementara layanan
penempatan adalah layanan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka
menyalurkan dirinya ke arah yang tepat sesuai dengan kemampuan, minat, dan
bakatnya. Penempatan ini meliputi penempatan pendidikan, ialah untuk memillih
jurusan dan kelanjutan sekolah, penempatan jabatan, dan juga penempatan murid
dalam ranga program pengajaran di sekolah yang bersangkutan.
d.
Penilaian
dan Penelitian. Layanan ini dilaksanakan untuk
mengetahui tujuan program bimbingan apa saja yang telah dilaksanakn dapat
dicapai. Selain itu dilakukan juga penilaian terhadap hasil pelayanan kepada
individu-individu yang mendapat layanan, untuk kemudian dilakukan tindak lanjut
terhadap hasil yang telah dicapai oleh individu yang bersangkutan.
Sumber:
Yusuf,
Syamsu & Nurihsan, A. Juntika.2014. Landasan
Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar