1) Fungsi Pengembangan
Pendidikan
bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi atau keunikan individu, baik yang
terkait dengan aspek intelektual, emosional, sosial, maupun moral-spiritual. Melalui
pendidikan, individu memiliki peluang untuk mengembangkan dirinya secra
optimal.
2) Fungsi Penyesuaian
Keragaman
kemampuan, minat, dan tujuan peserta didik tercermin dalam perilaku atau
kematangan individu. Pendidikan harus dapat memfasilitasi perkembagan
karakteristik individu yang beragam tersebut. Upaya-upaya yang dapat dilakukan
untuk memfasilitasi keragaman tersebut, di antaranya (1) menerapkan metode
pembelajaran yang variatif, (2) menyelenggarakan berbagai kegiatan
ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat peserta didik, (3) menyelenggarakan
kelompok-kelompok belajar sesuai dengan keunikan kemampuan masing-masing
peserta didik, (4) menyelenggarakan program pengayaan dan remedial teaching, dan (5) menyediakan sarana dan prasarana yang
memadai untuk memfasilitasilitasi semua upaya tersebut.
3)
Fungsi
Integratif
Fungsi pokok pendidikan
lainnya adalah mengintegrasikan nilai-nilai sosial budaya ke dalam kehidupan
para peserta didik, seperti enyangkut tata krama, solidaritas, toleransi,
kooperasi, kolaborasi dan empati, sehingga mereka dapat belajar hidup
bermasyarakat secara harmonis.
Sumber: Yusuf, Syamsu & Nurihsan, A. Juntika.2014. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar