Rabu, 30 November 2016

KEDUDUKAN BIMBINGAN dalam PENDIDIKAN – FUNGSI PENDIDIKAN



1)      Fungsi Pengembangan
Pendidikan bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi atau keunikan individu, baik yang terkait dengan aspek intelektual, emosional, sosial, maupun moral-spiritual. Melalui pendidikan, individu memiliki peluang untuk mengembangkan dirinya secra optimal.
2)      Fungsi Penyesuaian
Keragaman kemampuan, minat, dan tujuan peserta didik tercermin dalam perilaku atau kematangan individu. Pendidikan harus dapat memfasilitasi perkembagan karakteristik individu yang beragam tersebut. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi keragaman tersebut, di antaranya (1) menerapkan metode pembelajaran yang variatif, (2) menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat peserta didik, (3) menyelenggarakan kelompok-kelompok belajar sesuai dengan keunikan kemampuan masing-masing peserta didik, (4) menyelenggarakan program pengayaan dan remedial teaching, dan (5) menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk memfasilitasilitasi semua upaya tersebut.
3)      Fungsi Integratif
Fungsi pokok pendidikan lainnya adalah mengintegrasikan nilai-nilai sosial budaya ke dalam kehidupan para peserta didik, seperti enyangkut tata krama, solidaritas, toleransi, kooperasi, kolaborasi dan empati, sehingga mereka dapat belajar hidup bermasyarakat secara harmonis.

          Saya setuju dengan pernyataan diatas bawa fungsi pendidikan terbagi menjadi 3, ada pengembangan penyesuaian, dan integratif. Yang masing-maing fungsi pendidikan memberikan pernyataan yang baik untuk kemajuan pendidikan, khususnya di Indonesia sendiri.

Sumber: Yusuf, Syamsu & Nurihsan, A. Juntika.2014. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar